YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Senin, 05 November 2012

Konsep Sistem Informasi


1. Jelaskan tentang Konsep Sistem, Sub Sistem dan Supra Sistem
berikut contohnya.
·      Konsep system adalah hubungan antara unit yang satu dengan unit yang lainnya yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan tidak dapat dipisahkan serta menuju suatu kesatuan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

·      SUBSISTEM adalah Sistem didalam suatu sistem dimana sistem berada pada lebih dari satu tingkat

·      Suatu sistem adalah bagian dari sistem yg lebih besar, sistem yg lebih besar itu adalah SUPERSISTEM

2. Jelaskan beberapa karakteristik pada system berikut contohnya.
·      Komponen adalah Elemen-elemen yang lebih kecil yang disebut sub sistem, misalkan sistem komputer terdiri dari sub sistem perangkat keras, perangkat lunak dan manusia. Elemen-elemen yang lebih besar yang disebut supra sistem. Misalkan bila perangkat keras adalah sistem yang memiliki sub sistem CPU, perangkat I/O dan memori, maka supra sistem perangkat keras adalah sistem komputer.

·      Boundary (Batasan Sistem) adalah pemisah antara sistem dan daerah di luar sistem (lingkungan). Batas sistem menentukan konfigurasi, ruang lingkup, atau kemampuan sistem. Sebagai contoh, tim sepakbola mempunyai aturan permainan dan keterbatasan kemampuan pemain. Pertumbuhan sebuah toko kelontong dipengaruhi oleh pembelian pelanggan, gerakan pesaing dan keterbatasan dana dari bank. Tentu saja batas sebuah sistem dapat dikurangi atau dimodifikasi sehingga akan mengubah perilaku sistem. Sebagai contoh, dengan menjual saham ke publik, sebuah perusahaan dapat mengurangi keterbasatan dana.
·      Environment (Lingkungan Luar Sistem) adalah apapun di luar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut. lingkungan luar yang mengutungkan merupakan energi dari sistem dan dengan demikian harus tetap dijaga dan dipelihara. Sedang lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan, kalau tidak akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem.
·      Interface (Penghubung Sistem) merupakan media perantara antar sub sistem. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem lainnya. Output dari satu sub sistem akan menjadi input untuk subsistem yang lainnya dengan melalui penghubung. Dengan penghubung satu subsistem dapat berinteraksi dengan sub sistem yang lainnya membentuk satu kesatuan.

·      Input (Masukan) adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa maintenance input dan sinyal input. Maintenance input adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Sinyal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.

·      Output (Keluaran) adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan untuk subsistem yang lain atau kepada supra sistem.
·      Proses (Pengolahan Sistem) adalah bagian yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang berguna dan lbih bernilai, misalnya berupa informasi dan produk, tetapi juga bisa berupa hal-hal yang tidak berguna, misalnya saja sisa pembuangan atau limbah. Pada pabrik kimia, proses dapat berupa bahan mentah. Pada rumah sakit, proses dapat berupa aktivitas pembedahan pasien.
·      Objective and Goal (Sasaran dan Tujuan Sistem) adalah suatu sistem pasti mempunyai tujuan atau sasaran. Kalau suatu sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya. Sasaran dari sistem sangat menentukan sekali masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuannya.


3. Ada Salah satu atau beberapa mata kuliah menyatakan dirinya sebagai suatu system seperti : system akuntansi, system pakar dan sebagainya, Apakah mata kuliah tsb benar-benar sebagai suatu system ? jelaskan.
·      Jawaban : Ya, Karena sistem itu sendiri adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut. Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka. pakar itu sendiri adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik.

4. Jelaskan batas-batas sementara kemampuan manusia sebagai pengolah informasi/data
·      Kemampuan pengolahan data. Manusia mampu mengingat dan mengolah simbol-simbol secara efektif hanya berkisar 5-9 ( simbol disini adalah : kode , kuantitas/ anggka bukan teks bahasa). Hasil survei : kesalah mengingat no telp dengan panjang digit : 8 adalah 30% , 9 adalah 44% dan 10 adalah 54%.
·      Kemampuan mengenal perbedaan-perbedaan. Cendenrung mampu memebedakan perbedaan data berdasarkan kriteria/dasar bukan berdasarkan berdasarkam mutlaknya. Contoh : sebuah penyimpangan 10 % dari anggaran Rp. 100.000.000,- ( berarti Rp. 10.000.000,- ) berarti sama artinya dengan penyimpangan 10% dari anggaran Rp. 1.000.000,- ( berarti Rp.100.000,-).
·      Kemampuan menangani data probalistik. Manusia cenderung kurang mampu mengolah data STATISTIK. Kekurangan tersebut diakibatkan oleh :
- kurangnya pemahaman terhadap ukuran sample akibatnya terhadap penyimpangan.
- kurangnya kemampuan untuk hubungan korelasi dan hubungan sebab akibat.
- kurangnya kemampuan untuk memadukan informasi.

5. Apa yang saudara ketahui tentang Sistem informasi berbasis computer
·      Jawaban : Sistem Informasi berbasis komputer mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah computer-based atau pengolahan informasi yang berbasis padakomputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar